Apa Itu Copywriter?

Anda sering bukan melihat iklan di media cetak? Tampilan produk atau jasa yang ditawarkan pasti hampir selalu dilengkapi dengan kalimat-kalimat yang bersifat menjual dan meyakinkan calon pembeli/pengguna jasa. Ada teks yang singkat, ada juga yang secara lebih rinci menjabarkan fitur serta keunggulan dari produk tersebut. Pernahkah Anda bertanya-tanya siapa kira-kira yang menyusun teks tersebut? Tentunya bukan sembarang orang, sebab teks itulah yang menentukan apakah iklan tersebut akan berhasil menjual atau tidak. Pekerjaan menulis teks dengan tujuan mempromosikan atau memasarkan sebuah produk atau jasa dilakukan oleh seorang copywriter, dan pekerjaannya disebut dengan istilah copywriting.

Karena pada dasarnya copywriter bertugas membuat naskah/teks (copy) dengan tujuan untuk mempromosikan sebuah produk, maka pekerjaan copywriting tentu berbeda dari technical writing. Sebuah copy tidaklah secara rinci memuat informasi akan kegunaan dan keunggulan sebuah produk atau jasa. Copy berisi naskah yang bersifat persuasif dan secara efektif dapat membujuk pembaca atau calon pembeli/pengguna agar mereka akhirnya mengambil keputusan untuk membeli atau menggunakan jasa yang dipromosikan. Kata-kata yang dirangkai dalam teks tersebut dipilih dan disusun sedemikian rupa agar dapat menjadi alat promosi yang efektif. Sebuah copy dapat berupa naskah dalam iklan di media massa seperti televisi, radio koran dan majalah, dan juga dalam katalog, papan iklan (billboard), brosur, dan media komunikasi pemasaran lainnya.

Pernahkah Anda merasa tertarik untuk membaca naskah dalam sebuah iklan dan tetap membacanya sampai selesai? Ini adalah salah satu tugas seorang copywriter, yaitu menghasilkan teks yang menarik yang mampu menahan pembaca/pemirsa untuk tetap menyimak iklan hingga selesai. Lalu, ketika tulisan dalam iklan tersebut membangkitkan emosi Anda dan Anda pun tertarik untuk menggunakan produk/jasa yang dipromosikan, maka seorang copywriter telah berhasil melakukan pekerjaannya. Bahkan meskipun Anda tidak menggunakan produk tersebut namun dalam benak Anda tertanam sebuah kesan positif akan produk dan perusahaan yang membuatnya, maka hal itu juga merupakan keberhasilan dari pekerjaan copywriting.

Jelaslah bahwa untuk dapat menghasilkan sebuah copy yang baik seorang copywriter wajib memiliki berbagai keterampilan khusus. Kemampuan berbahasa yang baik, keterampilan menulis, ilmu dan pengalaman dalam dunia pemasaran dan media sosial serta kreativitas adalah modal utama. Lebih lanjut, seorang copywriter harus memiliki wawasan yang luas, mengikuti informasi tentang isu-isu dan peristiwa global, serta memiliki kesadaran dan pemahaman tentang perbedaan budaya serta budaya dan karakteristik masyarakat setempat sehingga ia dapat menghasilkan teks yang tepat dan sesuai untuk anggota masyarakat yang menjadi target iklan. Bahkan kini dengan semakin meningkatnya frekuensi pemakaian Internet oleh masyarakat dan juga para pelaku bisnis, akan merupakan nilai tambah jika seorang copywriter menguasai proses SEO (Search Engine Optimization) agar ia mampu menghasilkan teks yang memosisikan sebuah situs atau laman web pada halaman strategis di mesin pencarian, yang berujung pada peningkatan jumlah kunjungan ke situs web tersebut.

Biasanya copywriter bekerja di departemen pemasaran sebuah perusahaan, toko atau gerai yang besar, dan menulis copy hanya untuk perusahaan tersebut (in-house copywriter).  Mereka juga bisa bekerja dalam perusahaan yang bergerak khusus di bidang pemasaran seperti agen periklanan, dan juga untuk media cetak, televisi dan penerbit. Hari ini banyak juga terdapat copywriter yang bekerja sebagai tenaga lepas (freelance) dan mungkin terdaftar dalam sebuah agen copywriting yang memiliki klien perusahaan-perusahaan besar. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang copywriter, perlu Anda ketahui bahwa saat ini profesi ini sudah mulai dikenal dan diakui di Indonesia. Dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan persaingan bisnis yang semakin ketat, adalah bijaksana bagi perusahaan-perusahaan untuk menyerahkan pekerjaan copywriting kepada seorang copywriter professional. Bagaimana dengan imbalannya? Seorang copywriter berpengalaman dibayar mahal lho untuk menghasilkan konsep dan teks iklan yang baik. Jadi, copywriter adalah sebuah profesi yang sangat menjanjikan.

Kontributor: Verra Mulianingsih

TranslationPapers Bali

Contact us at: info@translationpapersbali.com

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s